Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Program Student Exchange `Sakura` di Saga University – Jepang

          Halo perkenalkan nama saya Chanifah Hidaya, disini saya ingin berbagi pengalaman dalam mengikuti Sakura Exchange in Science yang diadakan oleh JST (Japan Science and Technology Agency) selama 2 minggu (22 Februari – 7 Maret 2017). Dalam program ini saya berkesempatan untuk melakukan research di Saga University, Jepang. Riset di Saga University ini sesuai dengan riset saya di ITS yang dibimbing oleh Dr. Eng. R. Darmawan, ST., MT. dengan judul tugas akhir saya “Studi Pemanfaatan Lumpur Sebagai Sumber Alternatif Energi Dengan Menggunakan Microbial Fuel Cells (MFCs)”. Selama di Saga University saya dibimbing oleh Prof. Dr. Masato Tominaga dimana riset yang saya kerjakan bertema “The effect of external resistors on carbon cloth electrode inside the mud battery”.

          Program ini memberikan tidak hanya ilmu dan pengalaman riset laboratorium di Jepang yang lengkap, tetapi saya juga dibawa ke museum-museum yang ada di negeri sakura ini dan sekaligus diperkenalkan dengan budaya-budaya Jepang. Saya juga belajar mengenai kebudayaan orang Jepang yang selalu rapi, tepat waktu, sopan, dan pekerja keras. Dengan program ini, secara tidak langsung saya juga bertukar pengetahuan kebudayaan Indonesia dan jepang. Sehingga program yang saya ikuti selama 2 minggu ini sangat berkesan.

1 23  4 5 6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

          Dalam program ini sebenarnya bersama dengan delegasi dari India, tetapi karena suatu hal beliau tidak bisa mengikuti program ini, sehingga di sana saya hanya sendiri yaitu delegasi dari indonesia. Program ini memfasilitasi semua kebutuhan secara penuh selama di Jepang, dari akomodasi ataupun transportasi semuanya ditanggung oleh penyelenggara program. Hal yang perlu dipersiapkan hanya mengenai presentasi riset selama di laboratorium.

          Perjalanan saya dimulai pada 22 Februari hari rabu subuh menuju di bandara Juanda Surabaya untuk check in pesawat, dan saya terbang ke Jepang sekitar pukul 06.00 WIB dan mendarat di Fukuoka International Airport pukul 20.00 waktu setempat. Saya dijemput oleh mahasiswa dari Saga University dan selanjutnya saya dibawa ke guest house kampus untuk beristirahat. Keesokan harinya saya diajak untuk mengelilingi kampus guna memperkenalkan fasilitas dan lingkungan kampus. Selama saya di sana, saya tidak hanya riset di laboratorium saja tetapi saya juga di ajak berkeliling di Jepang, yaitu Fukuoka Tower, Kusuda Shrine, Arita (Porcelain Park), Eco Plaza, Saga Castle dan Saga Shrine sehingga saya dapat mempelajari kebudayaan Jepang di Shrine dan pengetahuan umum di museum. Dan pada tanggal 7 maret saya kembali ke Indonesia.

Belum ada yang berkomentar. Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan komentar


CAPTCHA Image
Reload Image