Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Review Acara Guest Lecture VIII Tentang Designing a Modern Chemical Plant

18424197_10207248250443131_7273738057410728541_nDepartemen Teknik Kimia FTI-ITS dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKK) FTI-ITS selalu melakukan perbaikan demi peningkatan kualitas lulusan sarjana Teknik Kimia FTI-ITS. Kali ini Departemen Teknik Kimia dan HIMATEKK berkolaborasi melaksanakan kuliah tamu mengenai “Mendesain Sebuah Pabrik Kimia” dengan mendatangkan nara sumber dari PT Lautan Luas yang diwakili oleh PT Liku Telaga dan DILM Group bertempat di Aula Oedjoe Djoeariaman, Rabu (10/5). Narasumber yang datang adalahu Bapak Kristanto (Production & Maintenance Manager PT. Liku Telaga) dan Bapak Michael Susanto Pardi (Operational Director of DILM Group) dengan topik “Designing a Modern Chemical Plant” oleh Bapak Michael Susanto Pardi dan Bapak Kristanto. Kuliah Tamu dimulai pada pukul 13.30-15.00 WIB. Peserta yang hadir pada Guest Lecture tersebut sebanyak 52 peserta dari berbagai angkatan seperti, Mahasiswa S1 dan Lintas Jalur Departemen Teknik Kimia FTI-ITS. Kuliah Tamu ini dihadiri oleh Pak Fadlilatul Taufany sebagai perwakilan dari Departemen Teknik Kimia FTI-ITS dan juga merangkap sebagai moderator dalam acara ini.  Materi yang diberikan mencakup proses pembuatan dari Sodium Silikat, Asam Sulfat, dan Alumunium Sulfat beserta dengan penjelasan flowsheet-nya yang merupakan beberapa produk dari PT. Liku telaga.

Sodium silicate (berasal dari campran abu soda dan pasir silika) adalah nama senyawa kimia dengan rumus (Na2SiO2)nO yang dikenal sebagai anggota dari sodium metasilicate, Na2SiO3 atau sebagai waterglass dengan material dapat dalam bentuk solid atau liquid. Sodium silicate dapat diaplikasikan sebagai detergen, keramik, dan bahan konstruksi kimia.

 

1

Gambar 1. Proses Pembuatan Sodium Silicate

Sulfuric acid (terbuat dari bahan dasar sulfur) adalah mineral asam kuat yang menyebabkan tingginya korosi dengan rumus molekul H2SO4 dan berat molekulnya 98.079 g/mol. Sulfuric acid adalah larutan berwarna kekuningan yang larut dalam air dalam semua konsentrasi dan dapat diaplikasikan sebagai pupuk, pengolahan air limbah, baterai asam, dan penyulingan minyak.

 

2

Gambar 2. Proses Pembuatan Sulfuric Acid

Aluminium sulfate adalah senyawa kimia dengan rumus Al2(SO4)3 yang larut dalam air dan digunakan sebagai agen koagulasi dalam pemurnian air minum serta pengolahan air limbah. Penambahan aluminium hydroxide, Al(OH)3 dan asam sulfat, H2SO4 akan menghasilkan aluminium sulfate.

3

Gambar 3. Proses Pembuatan Aluminium Sulfate

Selain itu, dijelaskan pula langkah-langkah dalam melakukan desain sebuah pabrik antara lain:

  1. Pre-designing (Consulting & Planning, Engineering & Design, Construction & Project Management, dan Service & Maintenance)
  2. Feasibility Study (Market Feasibility, Site Analysis, Supply & Demand, Capacity Utilization, Financial Analysis, Competition)
  3. Plant Design (Chemical Engineering Plant Design, Sequence of Steps in Developing, Plant Location, Plant Layout, Storage of Materials, Materials Handling, dan Utilies).

Pada pembuatan suatu pabrik, salah satu hal yang penting adalah konsultasi dan perencanaan dengan terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi, yaitu pemasaran, kapasitas perairan, analisis keuangan, persaingan, dan lain-lain yang saling berkaitan satu sama lain. Pada umumnya, plant design mengandung semua aspek teknik dalam pengembangan (insinyur Teknik Kimia akan membuat evaluasi ekonomi dari suatu proses baru, mendesain keperluan setiap bagian secara tersendiri, atau mengembangkan suatu susunan pabrik), modivikasi, atau memperluas pabrik industri. Beberapa faktor lokasi pabrik yang harus disesuaikan adalah ketersediaan bahan utama, pemasaran, ketersediaan energi yang dibutuhkan, kondisi iklim, fasilitas transportasi, perlindungan kebanjiran dan kebakaran serta risiko ketidaktetapan geografik perlu diperhatikan. Sehingga, faktor yang terpenting adalah tenaga kerja, energi, limbah, waktu tungg, dan proses pemindahannya.

Oleh

Reinaldo Ongky_2314 100 096

Putri Amalia D._2315 100 096

Belum ada yang berkomentar. Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan komentar


CAPTCHA Image
Reload Image