Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Review Guest Lecture I tentang Degradation of Micro Pollutants and Lipid production from Waste Water

satoshi2Guest Lecture I berlangsung di Aula Oedjoe Djoeariaman pada hari Selasa, 31 Oktober 2017. Guest Lecture I merupakan Guest Lecture yang mengundang pemateri dari Jepang yaitu Prof., Ph.D. Satoshi Nakai. Materi yang disampaikan ini sendiri merupakan sharing session yang rutin dilakukan oleh Altekkimits. Topik guest lecture pada kali ini adalah dengan topik “Degradation of Micro Pollutants and Lipid production from Waste Water “. Registrasi acara dimulai pada pukul 09.00-09.30 WIB dimana peserta yang hadir pada Guest Lecture kali ini adalah sebanyak 109 peserta dari berbagai jurusan dan angkatan seperti, Mahasiswa S1 Kimia ITS, Mahasiswa S2 Teknik Kimia FTI-ITS, dan Mahasiswa S1 Teknik Kimia FTI-ITS dari angkatan 2013, 2014, dan 2015. Seusai melakukan registrasi, para peserta memasuki Aula Oedjoe Djoeariaman, MC (Master of Ceremony) Guest Lecture I yang bernama Ivan fadillah R.P segera membuka acara tersebut. Pada pukul 09.50 WIB materi langsung disampaikan oleh Prof., Ph.D. Satoshi Nakai. Penyampaian materi selesai pada pukul 10.45 WIB. Suasana kuliah tamu pada saat Prof., Ph.D. Satoshi Nakai menyampaikan materi terlihat tertib dengan peserta yang memperhatikan materi tersebut secara baik. Selain itu, peserta juga terlihat aktif dalam mengajukan pertanyaan. Setelah tanya jawab selesai, dari pihak HIMATEKK memberikan vendel sebagai ungkapan terima kasih. Acara pada tanggal 31 Oktober 2017 itu selesai pada pukul 11.00 WIB.

satoshi3

satoshi4

Berikut adalah ringkasan dari materi Guest Lecture I:

Dalam proses pengolahan air limbah, biasanya digunakan suatu mikroorganisme di dalamnya. Salah satu mikroorganisme yang digunakan adalah bakteri autotropik atau autothropic bacteria. Penggunaan bakteri autotropik ini sendiri tidak sesuai untuk mendegradasi senyawa organik. Namun, dengan adanya proses ozonasi, degradasi bahan organik tersebut menjadi lebih mudah.

Penggunaan ozon dalam proses kimia dapat digunakan untuk mengoksidasi berbagai jenis senyawa organik. Kemampuan ozon sebagai oksidator ini dikarenakan ia memiliki kemampuan untuk mengubah unsur organik yang sulit terurai menjadi senyawa yang lebih mudah terurai. Unsur organik yang sulit terurai ini dapat ditemukan dalam beberapa situasi, seperti pada pengolahan air limbah, pada limbah pabrik pulp dan kertas, serta di TPA lindi. Secara umum prosesnya dapat digambarkan sebagai berikut:

satoshi

Senyawa yang perlu didegradasi dari proses tersebut adalah Nonylphenol Ethoxylates atau biasa dikenal dengan NPEO. Degradasi senyawa NPEO dapat dilakukan oleh beberapa treatment diantaranya:

  1. Ozon treatment
  2. Biologycal Treatment dan Hybrid Treatment
  3. Hybrid treatment

Dari beberapa treatment yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan sebagai berikut:

  1. Waktu ozonasi adalah faktor definitif yang menentukan kenaikan atau penurunan biodegradasi NPEO.
  2. Jika senyawa organik yang ingin didegradasi tersebut mengandung rantai etoksi, produksi PEG dalam reaksi yang dihasilkan nantinya mungkin merupakan salah satu faktor penting.

Belum ada yang berkomentar. Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan komentar


CAPTCHA Image
Reload Image