Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Mendesain Aplikasi Sistem Inertisasi dengan Blanketing Valve Pada Tangki, Tim Mahasiswa Teknik Kimia ITS Juarai Kompetisi Paper di National Safety Competition 2017

flowdiagram

Gambar: skema proses pada studi kasus yang dilombakan

Mahasiswa Teknik Kimia ITS tidak hentinya menorehkan prestasi skala nasional maupun internasional. Setelah sukses menjuarai perlombaan dunia prototype mobil bertenaga kimia oleh di Amerika Serikat dan menyabet gelar lomba paper di Malaysia, tim mahasiswa Teknik Kimia ITS berhasil menjuarai lompa paper tentang safety dalam ajang National Safety Competition (NSC) 2017 yang diselenggarakan oleh Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) pada bulan November 2017. Perlombaan yang mengambil studi kasus tentang Ledakan Tangki Process Condensate Di Urea Plant ini sangat menarik dan membutuhkan analisis data-data sebelum dan sesudah ledakan. Peserta diharuskan melakukan Accident Investigation dengan mempertimbangkan faktor-faktor pemicu ledakan, seperti bahan yang mudah terbakar, sumber api dan sumber oksigen dengan metode tertentu (Swiss Cheese Model, Fault Tree Analysis /FTA, Failure Mode and Event Analysis /FMEA, Root Cause Analysis / RCA, Tripod Analysis, Bow Tie Analysis dan sebagainya) serta membuat rekomendasi sehingga ledakan tidak terulang kembali.


Setelah tim internal ITS mempersiapkan dokumen perlombaan selama ± 3 bulan, semua tim ITS berhasil lolos seleksi abstrak. Peserta yang lolos seleksi abstrak berhak melanjutkan ke tahapan seleksi paper. Pelaksanaan paper competition berlangsung dengan sangat kompetitif dari sejak pembukaan registrasi. Menurut panitia ada sekitar 70 peserta yang mengikutsertakan diri meng-upload abstraknya untuk dinilai oleh dewan juri. Dari tahap paper kemudian diumumkan 20 tim untuk mengumpulkan full paper mereka, dan dari 20 tim ini dipilih lah 8 tim (1 tim UI, 2 tim UNPAR, 2 tim ITB, 2 tim UGM dan 1 tim ITS) untuk bertanding di semi final pada tanggal 3-5 November di UGM. Grand final dari paper competition berlangsung dengan meriah dan sangat kompetitif. Pada hari pertama peserta mengikuti culture trip di area sekitar Jogjakarta yaitu diantaranya Taman Sari dan Candi Prambanan, kemudian diakhiri dengan Technical Meeting sehingga didapatkan urutan maju presentasi di hari kedua. Di hari kedua dilaksanakan presentasi paper setiap kelompok di depan dewan juri dan di akhiri dengan Gala Dinner di malam harinya. Kegiatan dilanjutkan pada hari ke 3 yaitu Grand Seminar dan diakhiri dengan pengumuman pemenang setiap kompetisi pada National Safety Competition (NSC) 2017

Tim Mahasiswa Teknik Kimia semester 7, Faris Hamidi dan Farida Norma Yulia berhasil memenangi final paper ini, unggul dari tim UGM, ITB, UI dan UNPAR. Juara kedua diraih oleh tim UGM dan juara ketiga oleh tim UNPAR. Dewan juri pada NSC 2017 ini berasal dari praktisi industri, yaitu Bapak Wisnu Wibowo, dari PT. Pupuk Kalimantan Timur (PKT), Bapak Sentot Djoko Prabwo, dari PT. Chandra Asri Petrochemical dan Ibu Lily Lestari, dari PT. Premier Oil. Faris dan Farida berhasil membuat identifikasi bahaya dengan Process Hazard Analysis (PHA) serta investigasi ledakan dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Swiss Cheese Analysis, bahkan mengusulkan desain sistem inertisasi dengan blanketing valve pada tangki proses kondensat dan inspeksi unit process condensate treatment sebelum startup plant serta rencana implementasi rekomendasi perbaikan untuk mencegah ledakan terulang kembali.

Keberhasilan ini menjadi kepuasan tersendiri bagi tim, setelah menyusun paper selama ± 4 bulan. Hal ini tidak lepas dari pembimbingan dosen Teknik Kimia oleh Donny Satria Bhuana, ST, M.Sc, Adv, serta pembelajaran mata kuliah Keselamatan Pabrik Kimia yang telah diperoleh di Departemen Teknik Kimia.

foto1foto2

Sesi Presentasi dan Penentuan Juara Kompetisi.

foto3

Acara syukuran Teknik Kimia ITS untuk juara perlombaan di Amerika (Minneapolis), Malaysia (SMOGC, Kuala Lumpur) dan Indonesia (UGM)

 

Kesuksesan ini diapresiasi oleh pengelola Departemen Teknik Kimia ITS dengan melakukan acara syukuran bersama dengan dosen dan tim mahasiswa yang memenangkan perlombaan dalam berbagai ajang. Departemen bersyukur atas pencapaian mahasiswa yang membanggakan ini. Departemen berharap raihan juara dapat dipertahankan pada tahun mendatang seiring dengan peningkatan hardskill dan softskill mahasiswa Teknik Kimia, Amiin.

Belum ada yang berkomentar. Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan komentar


CAPTCHA Image
Reload Image