Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Visi, Misi dan Strategi Pencapaian

Visi :

Menjadi institusi pendidikan dengan reputasi internasional, yang memainkan peran sebagai institusi rujukan dan sebagai pusat unggulan (center of excellence) dalam transfer dan pengembangan ilmu teknik kimia.

 

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang berkualitas di bidang teknik kimia untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di pasar nasional, regional, dan internasional, serta aktif memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang energi, dan industri yang berwawasan lingkungan.

Strategi Pencapaian :

Dari sasaran program studi dibuat strategi dan pengembangan, kemudian dibuat indikator pencapaian dan target sasaran, seperti berikut : 1. Sasaran di bidang organisasi dan manajemen –>Terciptanya iklim yang kondusif untuk meningkatkan produktivitas kinerja program studi Strategi Pencapaian dan Pengembangan : – Membuat struktur organisasi berdasarkan kebutuhan dengan pembagian kerja yang jelas – Melaksanakan administrasi secara sistematis, tertata rapi, dan efisien – Melaksanakan evaluasi secara periodik belajar mengajar, BKD dan beban kinerja tenaga kependidikan – Memantapkan manajemen berdasarkan akuntabilitas dan transparansi 2. Sasaran di bidang pengembangan SDM –> Meningkatnya kinerja dosen maupun tenaga kependidikan –> Meningkatnya kualitas sumber daya manusia baik dari dosen maupun tenaga kependidikan Strategi Pencapaian dan Pengembangan : – Melaksanakan sistem penghargaan dan sanksi – Mengirimkan dosen untuk studi lanjut S3 dan non degree training – Memberikan kuliah/penelitian (visiting) di PT dalam maupun luar negeri – Mengirimkan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan/ workshop berkaitan dengan bidang keahlian – Mengadakan kuliah tamu berasal dari alumni, para pakar, industri dan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri 3. Sasaran di bidang pengembangan sarana dan prasarana –> Tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk terciptanya kondisi proses belajar mengajar dengan baik Strategi Pencapaian dan Pengembangan : – Menerapkan skala prioritas dalam pengembangan sarana pendidikan dan pengajaran – Meremajakan/mengganti peralatan laboratorium yang sudah tidak berfungsi di laboratorium pengajaran maupun laboratorium penelitian – Menambah kemampuan dan kemudahan untuk akses internet bagi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan – Berlangganan e-book dan e-jurnal – Menciptakan kondisi yang nyaman untuk belajar di dalam maupun di luar kelas 4. Sasaran di bidang pendidikan dan penelitian serta HAKI –> Mengadakan sistem penjaminan mutu di jurusan –> Meningkatkan monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar –>Menghasilkan sarjana yang kompeten, memiliki kualitas dalam stratanya di tingkat nasional dan internasional –> Meningkatkan kegiatan softskill mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian dan kemampuan sehingga mampu bersaing dalam pasar global, serta memiliki moral dan etika yang baik. –> Memotivasi dosen untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian agar dapat dipublikasikan/ dipatenkan baik secara nasional, regional maupun internasional serta diaplikasikan secara riil untuk membantu memecahkan permasalahan industri dan masyarakat. –>Mengadakan workshop tentang HAKI 5. Sasaran di bidang pengabdian masyarakat –> Meningkatnya jumlah dan kualitas dosen, dan mahasiswa secara langsung maupun yang tidak langsung terkait dengan pengabdian kepada masyarakat