Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Program Diploma (D3)

Program Studi D3 Teknik Kimia

PROFIL PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KIMIA FTI-ITS
Sejarah Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS

Program Studi D3 Teknik Kimia (D3-TK) yang didirikan pada tahun 1985 berada dibawah naungan Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Nomor : 1312/O/1991, sejak 1991 program Studi D3 Teknik Kimia berintregasi ke Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan tidak mengubah tujuan pendidikan D3 dan telah berhasil meluluskan 1126 wisudawan. Proses penerimaan calon mahasiswa Program Studi D3-TK, yang berasal dri beberapa SMU dan SMK diseluruh Indonesia dilaksanakan secara terpadu bersama-sama denagn Program Studi D3 lain dilingkungan ITS.

Lulusan Program Studi D3-TK dituntut untuk lebih siap pakai dari pada lulusan-lulusan program sarjana dan ditargetkan untuk menjadi pimpinan lapangan atau pelaksana kerja yang mengenal dengan baik rincian teknologi serta tugas-tugas dasar diruang lingkup kerjanya serta mampu mengoperasikan dan merawat perangkat keras industri.
Fasilitas laboratorium dan media komunikasi sebagai alat bantu teknik pengajaran yang dimiliki Program studi, belum mendukung pencapain proses belajar mengajar yang mencerminkan seluruh silabus kelompok mata kuliah kehlian Teknik Kimia yang terdiri dari kelompok mata kuliah proses, kelompok mata kuliah satuan operasi dan kelompok mata kuliah proses-proses pendukung. Di samping itu, keterbatasan fasilitas serta teknik penyampaian materi ajar yang ada, kurang dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan daya nalar, serta untuk meningkatkan kemampuan danketrampilan prakteknya.
Melalui projek SEMI-QUE IV, program yang diusulkan diharapkan dapat mendukung penyelesaian isu-isu strategis dari Program Studi untuk mencapai peningkatan kualitas profesional lulusan D3-TK dalam menghadapi persaingat didunia kerja pada era globalisasi. Mengingat jangka pendek, yaitu dua tahun pelaksanaan projek serta keterbatasan dana, maka hanya perbaikan metode pengajaran akan diprioritaskan sebagai program kegiatan yang diusulkan untuk dapat menjembatani pencapaian tujuan pendidikan dengan cara mengembangkan teknik audio visual sebagai alat bantu menyampaikan bahan ajar.

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Study

Didalam pengembangan otonomi telah membawa perubahan tatanan kelembagaan di Institut Teknologi Sepuuh Nopember Surabaya (ITS). Dimana lembaga Fakultas Teknoloi Industri membawahi 6 jurusan antara lain, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Fisika, Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Teknik Material.

Jurusan Teknik Kimia adalah bagian dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di ITS.

Visi dan Misi dari Program Studi D3 Teknik Kimia pada dasarnya mengikuti visi dan misi dari jurusan Teknik Kimia yang merupakan pendidikan tenaga teknis profesional tingkat menengah yang berwaasan lingkungan serta merupakan pengmbangan visi dan misi Fakultas teknologi Industri ITS. Sedangkan ITS sendiri sebagai institusi perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur khususnya, ternama di Indonesia bagian timur umumnya dan mempunyai visi untuk menjadi pusat pendidikan berkualitas bertaraf internasional dalam bidang sains, teknologi dan seni dengan institusi nasional lainnya.

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran pencapain diProgram Studi D3 Teknik Kimia didasarkan kepada rencana strategis jurusan Teknik Kimia, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran
  2. Membantu menyelesaikan  permasalahan industri dan masyarakat
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kemampuan keteknik kimiaan.
Perumusan visi dan misi Program Studi D3 Teknik Kimia dilakukan oleh tim yang ditugasi dan dibentuk oleh Fakultas dan Jurusan Teknik Kimia melalui berbagai diskusi diantara civitas akademika Jurusan Teknik Kimia terutama diantara staf pengajar Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS baik secara formal melalui rapat staf pengajar maupun secra informal melalui diskusi dan rapat secara terbatas.
Rumusan visi dan misi Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS disampaikan ke jurusan kemudian fakultas yang akan dituangkan dalam RENSTRA ITS dengan rekomendasi dari SENAT ITS.
 

Visi Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS (2010-2015)

Menjadi Institusi pendidikan Tinggi Teknik Kimia sebagai pusat pendidikan tenaga teknis profesional tingkat menengah yang kompeten dan berwawasan lingkungan.

Misi

Misi Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS (2010-2015) dirumuskan sbb:
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tingggi yang kompeten dalam menghasilkan tenaga teknik profesional tingkat menengah secara berimbang, integratif dan adaptif terhadap perkembangan jaman.
  2. Menumbuhkan kapasitas sebagai institusi sumber dan jejaring bagi perluasan kegiatan pendidikan dan penelitian yang sifatnya terapan dalam bidang industri proses kimia.
  3. Menumbuhkan moral akademik, etika agama dan kemandirian bagi lulusan.
  4. Melaksanakan pengelolaan program studi berdasarkan prinsip ekonomis dan akuntanbilitas.

Tujuan

Tujuan pendidikan Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS yaitu menghasilkan tenaga teknik profesional tingkat menengah yang berwawasan lingkungan dengan kemampuan melakukan tugas operasi proses industri kimia. Pengawasan, pembimbingan ketrampilan manajerial dan kesiapan untuk berkembang lebih lanjut, serta mempunyai perilaku akademik, moral, etika, dan kemandirian.

  Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran pada Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian dan kemampuan praktis sehingga mempunyai kompetensi untuk mampu bersaing dalam pasar global, serta memiliki moral dan etika yang baik.
  3. Meningkatkan ketrampilan agar dapat diaplikasikan dalam memecahkan permasalahan di industri dan kehidupan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan Yang berjiwa technopreneur.

LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KIMIA

 1. Laboratorium Kimia Fisika
2. Laboratorium Kimia Analit
3. Laboratorium Kimia Organik
4. Laboratorium Analisa Instrumen
5. Laboratorium Komputasi Taknik Kimia
6. Laboratorium Teknologi Bahan Makanan & Fermentasi
7. Laboratorium Operasi Teknik Kimia I
8. Laboratorium Teknologi Pengolahan Air
9. Laboratorium Teknik Korosi
10. Laboratorium Teknik Kimia II
11. Laboratorium Teknologi Pengolahan Limbah
12. Laboratorium Operasi Teknik Kimia III
13. Laboratorium Teknologi Biofuel, Atsiri, & Nabati
14. Laboratorium Teknik Pembakaran

DOSEN PENGAJAR

 1. Prof. Dr. Ir. SUPRAPTO, DEA.
2. Prof.Dr.Ir. DANAWATI Hari P, M.Pd.
3. Dr. Ir. SOEPRIJANTO, MSc.
4. Dr.Ir. NINIEK FAJAR PUSPITA, M.Eng
5. Ir. BUDI SETIAWAN, MT.
6. Ir. SRI MURWANTI, MT.
7. Ir. DYAH WINARNI, MT.
8. Ir. ELLY AGUSTIANI, M.Eng.
9. Ir. AGUNG SUBYAKTO, MS.
10. Ir. IMAM SYAFRIL, MT.
11. Ir. LILY PUDJIASTUTI, MT.
12. Ir. AGUS SURONO

NAMA STAFF ADMINISTRASI

1. HERI KUSMAYADI
2. HENY POERNAMAWATI
3. SLAMET HARIONO
4. SUGENG PRIYONO
5. EDY SUWARNO
6. PURWONO
7. ANIK SAPTYOWARDANI
8. M. EFENDI
9. SRIAJI
10. WAWAN PRAWONO
11. PURWO DARMIANTO
12. ARIF ANDRIANTO
13. RATRI WANDHA KIRANA