Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS
Suasana Kampus yang Hijau dan Asri
Taman untuk Tempat Belajar Mahasiswa
Spectronics..
Suasana Ruang Perkuliahan

Program Diploma (D3)

Program Studi D3 Teknik Kimia

PROFIL PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KIMIA FTI-ITS
Sejarah Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS

Pada tahun 1983, Fakultas Teknik Kimia berubah menjadi Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS. Sejalan dengan pengembangan SDM dan Fisik maka kurikuklum juga berubah. Perubahan dari Sistem Unit ke Sistem Kredit Semester juga dilakukan di Jurusan Teknik Kimia semenjak Fakultas ini dikembangkan dengan dana ADB.Pada awalnya kurikulum dibuat 160 SKS dibagi dalam 10 semester lalu tahun 1990 berubah menjadi 152 SKS dalam 9 semester dan yang terakhir kurikulum untuk Tingkat Sarjana ditetapkan menjadi 144 SKS. terbagi dalam 8 semester.

Pak Oedjoe masih tercatat sebagai Ketua Jurusan Pertama, kemudian proses pergantian terjadi pada tahun 1983 dimana Ketua Jurusan dipimpin oleh Ir. Achmad Baktir M Sc. Pengiriman dosen keluar negri terus berlangsung sehingga sampai pada akhir 80- an sejumlah tenaga doktor telah kembali ke ITS diantaranya Dr.Nonot Soewarno, Dr.Renanto H. Dr.Achmad Roesyadi dan Dr. Rachemoellah.

Dengan banyaknya tenaga doktor di Jurusan Teknik Kimia maka pada kepemimpinan Dr.Achmad Roesyadi sebagai Ketua Jurusan Teknik Kimia tahun 1990 struktur pengelompokan dosen dirubah menjadi berbasis Laboratorium Penelitian,sehingga pengelompokan dosen juga dirubah menjadi kelompok peneliti di Laboratorium Penelitian. Beberapa Lab Penelitian didirikan dan setiap laboratorium dikepalai oleh seorang kepala lab. Dan dosen mengelompok dedalam lab.lab tersebut. Jadi di Jurusan Teknik Kima terdapat dua pengelompokan laboratorium yaitu laboratorium Pendidikan tempat mahasiswa melakukan praktikum reguler dan laboratorium Penelitian dimana dosen dan mahasiswa akhir melakukan penelitian.

Pada tahun 1991/1992 dalam rangka program stratifikasi dan pengembangan teknologi Jurusan Teknik Kimia mendirikan Program S2. Tercatat Ketua program Studi S2 pertama adalah Dr.M.Rachemoellah.Pada awalnya program S2 ini terlaksana dalam bentuk pengumpulan kredit S-2 bersama ITB. Mahasiswa S2 waktu itu harus ke ITB Bandung untuk menyusun rencana studinya, tetapi semua perkulihan dan pembimbingan dilakukan di ITS.  Pada tahun kuliah 1994/1995, program S-2 telah dikelola secara penuh oleh ITS.

Pada tahun 1990 terbit  Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990, dimana semua Jurusan Non Gelar Teknologi (FNGT) dilebur kedalam jurusan-jurusan terkait di Fakultas yang menyelenggarakan program serupa tetapi dalam jenjang Sarjana (S-1). Oleh sebab itu, program DIII Teknik Kimia bergabung kedalam Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS. Dengan demikian sejak saat itu organisasi Jurusan Teknik Kimia mempunyai dua Program Studi Pasca sarjana dan Program Studi Diploma. Program Studi DIII Teknik Kimia (DIII-TK) yang didirikan pada tahun 1985 berada dibawah naungan Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Nomor : 1312/O/1991. Sejak 1991 program Studi DIII Teknik Kimia berintregasi ke Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan tidak mengubah tujuan pendidikan D-III dan telah berhasil meluluskan 1684 wisudawan sampai dengan tahun 2015.

Sekarang, menjelang Dies ITS yang ke 50 berarti genap pula DIII Teknik Kimia ITS ini berusia 30 tahun. Data terakhir Program studi ini mempunyai tenaga pengajar 16 dengan jumlah Guru Besar 3 orang, jumlah tenaga administrasi 12 orang. Jumlah alumni total 1684 orang, tersebar diseluruh pelosok tanah air mengabdi disemua tingkatan bidang pekerjaan, dalam memenuhi panggilan ibu pertiwi dan mengemban serta melaksanakan amanah almamater mengabdi untuk kejayaan bangsa dengan selalu mengingat semangat Sepuluh Nopember. Vivat DIII Teknik Kimia, Vivat ITS , Vivat Almamater .

 

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Study

Didalam pengembangan otonomi telah membawa perubahan tatanan kelembagaan di Institut Teknologi Sepuuh Nopember Surabaya (ITS). Dimana lembaga Fakultas Teknoloi Industri membawahi 6 jurusan antara lain, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Fisika, Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Teknik Material.

Jurusan Teknik Kimia adalah bagian dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di ITS.

Visi dan Misi dari Program Studi D3 Teknik Kimia pada dasarnya mengikuti visi dan misi dari jurusan Teknik Kimia yang merupakan pendidikan tenaga teknis profesional tingkat menengah yang berwaasan lingkungan serta merupakan pengmbangan visi dan misi Fakultas teknologi Industri ITS. Sedangkan ITS sendiri sebagai institusi perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur khususnya, ternama di Indonesia bagian timur umumnya dan mempunyai visi untuk menjadi pusat pendidikan berkualitas bertaraf internasional dalam bidang sains, teknologi dan seni dengan institusi nasional lainnya.

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran pencapain diProgram Studi D3 Teknik Kimia didasarkan kepada rencana strategis jurusan Teknik Kimia, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran
  2. Membantu menyelesaikan  permasalahan industri dan masyarakat
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kemampuan keteknik kimiaan.
Perumusan visi dan misi Program Studi D3 Teknik Kimia dilakukan oleh tim yang ditugasi dan dibentuk oleh Fakultas dan Jurusan Teknik Kimia melalui berbagai diskusi diantara civitas akademika Jurusan Teknik Kimia terutama diantara staf pengajar Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS baik secara formal melalui rapat staf pengajar maupun secra informal melalui diskusi dan rapat secara terbatas.
Rumusan visi dan misi Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS disampaikan ke jurusan kemudian fakultas yang akan dituangkan dalam RENSTRA ITS dengan rekomendasi dari SENAT ITS.

Visi

Menjadi program studi DIII Teknik Kimia yang menghasilkan lulusan ahli Teknik Kimia tingkat menengah yang professional serta mampu bersaing secara nasional maupun regional.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas
  2. Membina mahasiswa agar menjadi tenaga ahli madya bidang Teknik Kimia yang bermoral, berkepribadian, berdedikasi terhadap pekerjaan dan lingkungannya serta berjiwa Technopreneur
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengoperasikan proses industri Kimia

Tujuan

Menghasilkan tenaga teknis yang berkualitas dan profesional tingkat menengah dengan kemampuan melakukan tugas operasi proses industri kimia yang berwawasan lingkungan, kesiapan untuk berkembang lebih lanjut, serta mempunyai perilaku akademik, moral, etika dan kemandirian.

Tujuan khusus pendidikan vikasi Program Studi DIII Teknik Kimia FTI-ITS yaitu, menghasilkan tenaga teknis profesional tingkat menegah yang berwawasan lingkungan dengan kemampuan ketrerampilan melakukan tugas operasi proses industri kimia yang terdiri dari keterampilan pengoperasian sistem proses produksi dan proses pengolahan limbah industri kimia, kemampuan keterampilan penyediaan sistem utilitas terutama penyediaan air proses industri serta kemampuan melaksanakan pengawasan dan pembimbingan atas dasar keterampilan manajerial di bidang operasi dan perawatan pabrik.

Tujuan umum pendidikan vokasi Program Studi DIII Teknik Kimia FTI-ITS yaitu, menghasilkan lulusan tenaga teknis profesional tingkat menengah yang berwawasan lingkungan dan menguasai keterampilan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun yang tidak rutin, belum akrab dengan sifat-sifat maupun kontekstualnya, secara mandidri dalam pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya. Disamping itu, lulusan mampu melaksanakan pengawasan, bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimiliki, dan kesiapan untuk berkembang lebih lanjut.

  Sasaran dan Strategi Pencapaian

 1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas

  • Menyediakan fasilitas perkuliahan yang berbasis IT
  • Menspesifikasikan kompetensi dosen melalui pendidikan, training, dan workshop
  • Menyusun materi kuliah dalam bentuk diktat/buku ajar Tahun 2019 : 80% mata kuliah
  • Mengevaluasi dan menegmbangkan kurikulum mata kuliah sesuai dengan kebutuhan pasar
  • Mengevaluasi Rencana Pembelajaran semester dan Realisasi

2. Membina mahasiswa agar menjadi tenaga ahli madya bidang Teknik Kimia yang bermoral, berkepribadian, berdedikasi terhadap pekerjaan

dan lingkungan serta berjiwa Technopreneur

  • Menyelenggarakan evaluasi secara jujur melalui pengawasan yang melibatkan dosen, tendik dan teknologi CCTV
  • Menyelenggarakan kuliah tamu secara periodik dalam bidang Teknik Kimia dan kewirausahaan.
  • Menyelenggarakan training dan workshop mahasiswa
  • Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan Tri darma Perguruan Tinggi Dosen yang berbasis lingkungan

3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengoperasikan proses industri kimia

  • Mengefektifkan penyelenggaraan kunjungan industri
  • Meningkatkan kerjasama dengan industri
  • Memperbaiki mekanisme pelaksanaan Kerja Praktek mahasiswa industri

LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KIMIA

Laboratorium riset :

  1. Laboratorium Pengolahan dan Pemisahan

Laboratorium Pengajaran :

  1. Laboratorium Dasar Kimia Fisika
  2. Laboratorium Kimia Analit
  3. Laboratorium Kimia Organik
  4. Laboratorium Analisa Instrumen
  5. Laboratorium Teknologi Makanan
  6. Laboratorium Tranportasi Fluida
  7. Laboratorium Pengolahn Air Industri Kimia
  8. Laboratorium Ilmu Logam dan Korosi
  9. Laboratorium Proses Pemisahan dengan Perpindahan Massa
  10. Laboratorium Teknologi Pengolahan Limbah
  11. Laboratorium Proses Pemisahan dengan Perpindahan panas, Massa secara Simultan
  12. Laboratorium Teknologi Biofuel, Atsiri & Nabati
  13. Laboratorium Teknik Pembakaran

DOSEN PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Ir. SUPRAPTO, DEA.
  2. Prof. Dr.Ir. DANAWATI Hari P, M.Pd.
  3. Prof. Dr. Ir. SOEPRIJANTO, MSc.
  4. Ir. NINIEK FAJAR PUSPITA, M.Eng
  5. BUDI SETIAWAN, MT.
  6. SRI MURWANTI, MT.
  7. DYAH WINARNI, MT.
  8. ELLY AGUSTIANI, M.Eng.
  9. AGUNG SUBYAKTO, MS.
  10. IMAM SYAFRIL, MT.
  11. Ir. LILY PUDJIASTUTI, MT.
  12. AGUS SURONO,MT
  13. WARLINDA EKA TRIASTUTI, Ssi, MT.
  14. SAIDAH ALTWAY, ST, MT, MSc
  15. NURLAILI HUMAIDAH, ST, MT
  16. ACHMAD FERDIANSYAH P.P, ST, MT.

NAMA STAFF ADMINISTRASI

  1. HERI KUSMAYADI, SE
  2. HENY POERNAMAWATI
  3. SLAMET HARIONO
  4. SUGENG PRIYONO
  5. EDY SUWARNO
  6. PURWONO
  7. ANIK SAPTYOWARDANI
  8. M. EFENDI
  9. SRIAJI
  10. WAWAN PRAWONO
  11. PURWO DARMIANTO, Amd
  12. RATRI WANDHA KIRANA, Amd