Magang Industri untuk Dosen

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan memperluas wawasan dosen muda (dosen yunior), Assosiasi Perguruan Tinggi Teknik Kimia (APTEKIM) bekerja sama dengan Federasi Industri Kimia Indonesia (FIKI) dan difasilitasi oleh Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia  (BKKPII) mengadakan rapat koordinasi membahas kerjasama magang dosen Teknik Kimia di industri kimia, Resto Handayani, Surabaya, Senin 21 Mei 2018.

Dengan SDM dosen yang terampil dan memahami teknologi yg upto-date secara langsung, diharapkan lulusan perguruan tinggi dapat bersaing di kancah global, papar Dr Juwari sebagai ketua APTEKIM sekaligus sebagai kepala departemen teknik kimia ITS.
Lebih lanjut, daya saing suatu negara ditentukan dengan kemajuan industrinya. Kemudian, kemajuan industri tergantung pada ketersediaan kualitas tenaga kerja dan pendapatan masyarakat.

Program magang ini diharakan di PT Pupuk Kujang sebagai pilot proyek. Hubert (FIKI) menjelaskan beberapa Poin poin penting yang harus menjadi perhatian, yaitu:
1. Waktu/durasi
2. Intelectual property
3. List of topic and objective
4. Biaya / Fasilitas

Rapat terpaksa diakhiri lebih awal karena pak Maryono (wakil ketua BKKPII) berhalangan hadir karena ada on call dari pabrik.

Diharapkan program magang ini bisa terlaksana di tahun 2018 ini, tambah Setiyo yang juga Koordinator BKK PII Jawa Timur sekaligus Sekretaris Departemen Teknik Kimia ITS.