Pengakuan Internasional Program Studi S1 Teknik Kimia ITS Atas Capaian Akreditasi IABEE

Program Studi (Prodi) S1 Teknik Kimia ITS senantiasa berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan lulusannya secara berkesinambungan, dalam rangka mendapatkan pengakuan kesetaraan di taraf nasional maupun internasional, melalui berbagai program akreditasi. Selain mendapatkan penilaian akreditasi nasional “A” melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) semenjak tahun 1998, Prodi S1 Teknik Kimia ITS juga telah mendapatkan sertifikasi di taraf regional ASEAN, melalui ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) di tahun 2006. Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah, di penghujung tahun 2018, Prodi S1 Teknik Kimia ITS telah berhasil mendapatkan akreditasi di taraf internasional melalui Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).


IABEE sendiri adalah lembaga akreditasi independen nirlaba, yang dibentuk melalui pembinaan Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE), dalam proses pengajuan sebagai
salah satu anggota penanda tangan (signatory) Washington Accord (WA) yang merupakan mainstream untuk akreditasi sistem pendidikan tinggi bidang teknik/rekayasa (engineering). Oleh karenanya, dengan terakreditasinya mutu pendidikan Prodi S1 Teknik Kimia ITS oleh IABEE, akan memastikan tercetaknya lulusan Sarjana Teknik (ST) yang telah memenuhi standar dan kualifikasi global dalam dunia profesi melalui proses pendidikan yang mengacu pada hasil capaian pembelajaran (outcome based education). Melalui akreditasi IABEE ini, prodi juga akan senantiasa terpacu untuk melakukan perbaikan berkesinambungan sesuai proses Plan – Do – Check – Act yang menjadi kriteria evaluasi akreditasi sehingga pada proses evaluasi akreditasi berikutnya dapat lebih baik.

Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Juwari , S.T., M.Eng., Ph.D. menyampaikan bahwa pencapaian akreditasi BAN-PT, AUN-QA, dan IABEE adalah salah satu strategi dalam rangka mendukung program World Class University dari ITS. Dalam proses mendapatkan akreditasi IABEE tersebut, beliau menugaskan Sekretaris Prodi S1 Teknik Kimia ITS, Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D. sebagai PIC/coordinator-nya. Dengan berbekal struktur kurikulum yang internationally compatible untuk mahasiswa in-bound dan out-bond, kualitas dosen yang mayoritas lulusan S3 luar negeri dengan publikasi H-index yang tinggi dan kompeten di bidang minatnya masing-masing, Himpunan Mahasiswa teknik Kimia (HIMATEKK) yang telah tercatat sebagai the most outstanding student chapter di komunitas global American Institute of Chemical Engineers (AIChE) di tahun 2017, fasilitas-fasilitas fisik dan keuangan yang memadai, dukungan yang kuat dari Alumni Teknik Kimia ITS (Altekim ITS) dan user alumni, serta para tenaga kependidikannya, menjadikannya sebagai modal penting dalam penilaian akreditasi IABEE ini. Lebih lanjut, Fadlilatul Taufany, S.T., Ph.D. selaku PIC/coordinator-nya juga menginformasikan bahwa proses akreditasi IABEE ini juga disupport melalui hibah pendanaan dari pihak Kemenristekdikti dan kampus ITS.

Melalui tahapan proses penilaian yang berjenjang, dimulai dari proses pengumpulan dan pengisian data via online di https://evaluation.iabee.or.id yang meliputi data laporan profil prodi, evaluasi diri, dan dokumen-dokumen lampiran pendukungnya, hingga proses visitasi oleh para reviewer IABEE pada tanggal 24-26 September 2018, akhirnya Prodi S1 Teknik Kimia ITS pada tanggal 11 Desember 2018, dinyatakan berhasil mendapatkan status terakreditasi Interim Evaluation without On-Site Visit (IE-NV) melalui Sidang Pleno IABEE. Indormasi tersebut dapat diakses di situs IABEE https://evaluation.iabee.or.id/#/accreditation/summary/engineering/regular/active.